DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Keragaan Alat Tangkap dan Hubungan Panjang-Berat Ikan Sepat Siam (Trichogaster pectoralis) yang Tertangkap di Perairan Rawa Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah
PENGARANG:ZULVA AINUL ILMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-05


Zulva Ainul Ilma (1910713220008), Program Studi Perikanan Tangkap, Keragaan Alat Tangkap dan Hubungan Panjang-Berat Ikan Sepat Siam (Trichogaster pectoralis) yang Tertangkap di Perairan Rawa Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Di bawah bimbingan Ahmadi sebagai Ketua Pembimbing dan Irhamsyah sebagai Anggota Pembimbing.

               Ikan sepat siam (Trichogaster pectoralis) merupakansalah satu sumberdaya penting pada komoditas perikanan yang umum ditemukan di Provinsi Kalimantan Tengah. Upaya penangkapan dilakukan oleh nelayan pada perairan rawa, menggunakan berbagai alat tangkap tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik alat penangkap ikan sepatsiam, (2) menganalisissebaran frekuensi panjang dan berat, (3) menganalisis hubunganpanjangberat dan pola pertumbuhan ikan sepat siam yang tertangkap oleh tempirai kawat, lunta dan lukah di Kota Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret - September 2023. Data primer didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data sekunder didapatkan dari instansi pemerintahan, studi pustaka dan literatur. Alat penangkap ikan sepat siam di perairan rawa Kota Palangka Raya terdiri dari tempirai kawat (wire stage trap), lunta (cast net) dan lukah (fish pots). Sebaran frekuensi panjang dan berat ikan sepat siam di perairan rawa Kota Palangka Raya berdasarkan sampel ikan yang didapat, frekuensi panjang pada kisaran 60 – 100 mm dan frekuensi berat pada kisaran 3,3 – 8,5 g. Hubungan panjang-berat ikan sepat siam memiliki nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,9247 dan slope (b) sebesar 1,9227 dengan pola pertumbuhan ikan bersifat allometrik negatif.

Kata Kunci: Alat Tangkap, Sebaran Frekuensi Panjang Berat, Hubungan Panjang-Berat, Pola Pertumbuhan, Sepat Siam.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI