DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR MUATAN PPKN KELAS IV A MENGGUNAKAN MODEL PESAT DI SDN MANARAP LAMA 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NABILLA AZAHRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-05


Azahra, Nabilla. (2023). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Peserta Didik Muatan PPKn Kelas IV A Menggunakan Model PESAT SDN Manarap Lama 1 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Fathul Jannah, M. Pd.

Kata Kunci: Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model PESAT

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran muatan PPKn kelas IV A SDN Manarap Lama 1 Kabupaten Banjar. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang berlangsung satu arah dan menyebabkan peserta didik tidak terlibat aktif dalam pembelajaran, rasa keingintahuan peserta didik yang rendah sehingga keterampilan berpikir kritis rendah, dan pembelajaran kurang menyenangkan membuat minat peserta didik dalam belajar menjadi berkurang. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model PESAT pada proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas, menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar peserta didik dalam muatan PPKn menggunakan model PESAT di kelas IV A SDN Manarap Lama 1 Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SDN Manarap Lama 1 pada semester II Tahun Ajaran 2022/2023 dengan peserta didik berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diambil merupakan data kualitiatif yang didapat dari lembar observasi aktivitas peserta didik dan keterampilan berpikir kritis peserta didik, lalu menggunakan data kuantitatif pada hasil tes belajar peserta didik didapat dari tes tertulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis ditampilkan dengan tabel, grafik, dan interprestasi dengan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik meningkat disetiap pertemuan hingga pada pertemuan ketiga mencapai skor 32 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik meningkat disetiap pertemuan hingga pertemuan ketiga dengan ketuntasan klasikal 91% dengan kriteria “Hampir Seluruh Peserta Didik Sangat Aktif”. Keterampilan berpikir kritis peserta didik meningkat disetiap pertemuan hingga pertemuan ketiga dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria “Hampir Seluruh Peserta Didik Sangat Tinggi”. Hasil belajar peserta didik meningkat disetiap pertemuan hingga pertemuan ketiga dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PESAT dapat meningkatan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar peserta didik. Adapun saran bagi kepala sekolah, pendidik, dan peneliti lain adalah hendaknya agar penelitian dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar peserta didik. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI