DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran Menulis Teks Pidato Persuasif Kelas IX di SMP Negeri 1 Banjarmasin
PENGARANG:AFIFA RAHMALIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-05


ABSTRAK

Rahmaliana, Afifa 2023. Pembelajaran Menulis Teks Pidato Persuasif Peserta Didik kelas IX di SMP Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D.; (2) Pembimbing 2 Dr. Noor Cahaya, M.Pd.

Kata Kunci: pembelajaran, menulis, pidato persuasif.

Penelitian ini dilakukan untuk memudahkan peserta didik dalam menuangkan pikiran, gagasan, atau pesan berupa tulisan teks pidato persuasif. Namun, pada praktiknya masih ada pendidik dan peserta didik yang belum mampu untuk mencapai tujuan tersebut karena dalam menulis teks pidato ini membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjawab rumusan masalah yang ada yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks pidato pesuasif di kelas IX SMP Negeri 1 Banjarmasin. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, yaitu berfokus pada gambaran yang terjadi di dalam kelas, mulai dari kegiatan pembuka sampai kegiatan penutup pembelajaran teks pidato persuasif. Data dari penelitian ini berupa lembar rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), transkrip pembelajaran, dan nilai peserta didik. Sumber data yaitu pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas IX-F yang berjumlah 36 orang. Terdapat lembar penilaian sebagai instrumen penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan (observasi), dokumentasi, dan wawancara. 

Hasil dari penelitian ini berupa deskripsi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dari pembelajaran. Pada perencanaan, pendidik membuat RPP sesuai dengan Permendikbud No 37 Tahun 2018. Pada pelaksanaan sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat. Namun, masih terdapat hal yang kurang maksimal dari pendidik seperti penguasaan kelas. Pada penilaian, dari 36 peserta didik yang berhadir hanya 33 orang. Penilaian keterampilan terdapat 10 orang peserta didik yang mendapatkan nilai 90 dan 2 orang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimum. Nilai rata-rata yang didapatkan peserta didik yaitu 78,9. 

Penelitian ini menyarankan agar pendidik memaksimalkan pembuatan rancangan pelaksanaan pembelajaran karena hal tersebut merupakan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran dan memberikan waktu yang lebih panjang agar penulisan dari teks pidato persuasif mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI