DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PPKN MENGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL), GROUP INVESTIGATION DAN MAKE A MATCH KELAS V SDN SUNGAI MIAI 8
PENGARANG:WAYAN LENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-05


ABSTRAK

Leni, Wayan (2023) Meningkatkan Aktivitas dan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan PPKn Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Group Investigation dan Make A Match Kelas V SDN Sungai Miai 8. Skripi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Group Investigation dan Make A Match, Aktivitas, Keterampilan Berpikir Kritis. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran yang dilakukan seharihari dinilai kurang efektif dalam mengembangkan pemecahan masalah, minat, bakat dan potensi yang ada di dalam diri siswa yang mengakibatkan kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan kombinasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Group Investigation dan Make A Match dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, menganalisis aktivitas belajar, peningkatan keterampilan berpikir kritis dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sungai Miai 8 yang berjumlah 17 siswa terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis yang dijabarkan dengan tabel, gambar dan interpretasi dengan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa dari pertemuan I sampai pertemuan IV dan mencapai standar yang diharapkan sesuai dengan indikator keberhasilan. Pada pertemuan IV, faktor aktivitas guru telah mencapai 96% dengan kriteria “Sangat Baik, aktivitas siswa telah mencapai 95% dengan kriteria “Sangat Aktif, keterampilan berpikir kritis siswa telah mencapai persentase 82% dengan kriteria “Sangat Terampil, dan Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan IV dengan ketuntasan klasikal 88% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Group Investigation dan Make A Match meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI