DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK AUTIS
PENGARANG:RIZAL MIFTHACHUL HUDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-06


Rizal Mifthachul Huda, 1910127210015. 2023. Penggunaan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak Autis. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru. Dosen Pembimbing I: Mirnawati, M.Pd. dan Pembimbing II: Siti Jaleha, S.E., M.Pd.

Kata Kunci: Autis, Motorik Halus, Media Busy Book

Penelitian ini mengenai anak autis yang memiliki permasalahan pada kemampuan motorik halus. Permasalahan tersebut berdampak pada aktivitas subjek dalam pra menulis. Pada aktivitas pra menulis subjek masih belum dapat melakukannya dengan baik dan benar dikarenakan kurang diberikannya stimulus- stimulus dengan menggunakan media yang beragam untuk menunjang aktivitas pra menulis tersebut. Subjek pada penelitian ini telah duduk di kelas 3 Sekolah Dasar (SD) di SLB Negeri 2 Martapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Busy Book dapat meningkatkan motorik halus anak autis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR). Pada Penelitian ini menggunakan desain penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi yang dilakukan oleh dua pengamat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Busy Book dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak autis. Hal ini terbukti pada mean level meningkatnya kemampuan motorik halus anak, pada tahap baseline 1 (A1) dengan mean level 25, kemampuan motorik halus anak pada tahap intervensi (B) mulai meningkat dengan mean level 74. Pada tahap baseline 2 (A2) mean level kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi 83.75.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI