DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN KOMA (KOMIK MATEMATIKA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL BERBASIS ETNOMATEMATIKA
PENGARANG:FARIDA ALFIYYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-06


Matematika dipandang sebagai pelajaran yang kompleks sehingga siswa sukar dalam menguasainya. Faktor pemicu hal tersebut adalah kurangnya minat matematika serta rendahnya pemahaman konseptual. Media pembelajaran yang menarik serta dipadukan dengan masalah konseptual berbasis etnomatematika mampu meningkatkan minat belajar siswa. Salah satunya komik matematika berbasis etnomatematika. Komik ini berisi cerita bergambar dengan mengusung unsur kebudayaan sehingga dapat menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian adalah menghasilkan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis etnomatematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model 4D yang disederhanakan menjadi tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop). Dilakukan uji validasi oleh 2 orang validator dan uji kepraktisan oleh siswa. Pengambilan data menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, dan lembar angket respon siswa. Komik matematika dikatakan valid jika hasil penilaian dari validator memenuhi kriteria cukup tinggi atau tinggi dan dikatakan praktis jika hasil penilaian siswa bermodus setuju atau sangat setuju. Hasil uji validasi media diperoleh hasil persentase sebesar 81,67% dengan kriteria tinggi dan hasil uji validasi materi diperoleh persentase sebesar 75% dengan kriteria cukup tinggi. Hasil uji kepraktisan diperoleh modus sangat setuju. Jadi, dihasilkan media pembelajaran berupa komik matematika berbasis etnomatematika yang valid dan praktis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI