DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Interaksi Sosial dan Sense of Humor Terhadap Kebahagiaan Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 12 Banjarmasin
PENGARANG:HAIREIL SAPUAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-06


Haireil Sapuan. 2023. Pengaruh Interaksi Sosial Dan Sense of Humor Terhadap Kebahagiaan Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Ali Rachman, M. Pd; (2) Hendro Yulius Suryo Putro, S. Pd., M. Psi.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Sense of Humor, Kebahagiaan

 

Dalam teori psikologi positif yang dikemukakan Seligman, kebahagiaan bisa dilakukan melalui interaksi sosial dan humor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara interaksi sosial dan sense of humor terhadap kebahagiaan siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, sampel jenuh. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin dengan sampel yang digunakan sebanyak 134. Adapun hasil penelitian yaitu, terdapat pengaruh antara variabel interaksi sosial, variabel sense of humor terhadap variabel kebahagiaan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin, karena dapat diketahui bahwa nilai signifikansi untuk pengaruh interaksi sosial dan sense of humor terhadap kebahagiaan adalah 0,000 < 0,05, Artinya variabel interaksi sosial dan sense of humor memiliki pengaruh, sehingga (Ha) dapat diterima, bahwa terdapat pengaruh antara variabel interaksi sosial dan sense of humor terhadap kebahagiaan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa interaksi sosial dan sense of humor memiliki pengaruh terhadap kebahagiaan siswa. Guru BK diharapkan memberi layanan BK harus ada interaksi interaktif dan memasukkan sisi humor dalam layanan, sehingga siswa tidak merasa bosan berada di kelas dan senang atau bahagia berpartisipasi dalam layanan tersebut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI