DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP TOLERANSI SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS GOOGLE FORM DI SMPN 25 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD HELMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-10


Kata Kunci : Pengembangan Instrumen Penilaian,  Sikap Toleransi Siswa dan Google Form

            Penilaian sikap bertujuan untuk mengetahui perilaku spiritual dan sosial peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di dalam dan di luar kelas sebagai hasil pendidikan. Penilaian sikap  toleransi  dapat dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran  misalnya, saat berdiskusi dalam kelompok dapat dinilai sikap santun, saat bekerja kelompok dapat dinilai sikap tanggung  jawab, saat presentasi dapat dinilai sikap percaya diri. Sikap toleransi yang dimiliki siswa dapat menciptakan suatu kerukunan, melahirkan sikap saling menghormati dan bekerjasama, hidup berdampingan dengan aman dan damai.

Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dimana data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian kemudian dianalisis sesuai dengan metode statistik yang digunakan lalu di interpretasikan. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). metode penelitian dan pengembangan yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa pada uji validitas dilakukan oleh 3 orang ahli yaitu ahli (dosen) bahasa, ahli (Guru) isi, ahli (guru) desain/isi, sehingga didapatkan hasil rata-rata sebesar 71,33 dengan kriteria valid memiliki arti bahwa intrument penilaian sikap toleransi siswa yang dikembangkan telah layak untuk dilanjutkan. Berdasarkan hasil uji coba produk didapatkan hasil dengan rata-rata sebesar 180 dengan kriteria sangat baik. Pada uji validitas pada setiap indikatior nilai r hitung lebih besar dari r tabel yang bernilai 0,184. Sedangkan pada uji reliabilitas didapatkan pada setiap indikator Menghormati hak orang lain sebesar 0,763, Menghargai orang lain sebesar 0,789, Memiliki sikap peduli terhadap orang lain sebesar 0,719, Menjaga sikap sebesar 0,601, Menjaga perkataan sebesar 0,719, Terbuka terhadap berbagai pendapat orang sebesar 0,793, Menerima pandangan baru sebesar 0,708, Akomodatif terhadap keragaman kultur sebesar 0,698, Sikap tidak menyimpang dari peraturan yang ada sebesar 0,712, Sikap tidak mencampuri urusan orang lain sebesar 0,661 dan Sikap hormat kepada siapa saja sebesar 0,640. Suatu indikator akan dikatakan reliabel jika memberikan nilai Chronbach’s Alpha > 0,60. Dengan demikian seluruh item pertanyaan dalam kuesioner yang disebar dinyatakan reliabel dan layak untuk disebar luaskan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI