DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH METODE BERMAIN KARTU ANGKA DENGAN MEDIA PAPAN KANTONG HITUNG PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI III BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | SURIANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-10-10 |
ABSTRAK
Suriani. 2023. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Menggunakan
Model Make A Match Metode Bermain Kartu Angka Dengan Media
Papan Kantong Hitung Pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Islam
Bakti III Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing
Faqihatuddiniyah, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan kognitif, Make A Match, Kartu Angka, Papan
Kantong Hitung.
Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan kognitif anak yang mengakibatkan kemampuan kognitif
terkait kemampuan mengenal bilangan 1-20 dan juga kemampuan anak
dalam Mengelompokan bilangan berdasarkan warna dan bentuk
menujukkan belum berkembang. Penyebab dari masalah tersebut karena
Proses pembelajaran kurang didukung dengan penggunaan media dan
Pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas
adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran make
a match dengan metode bermain kartu angka dengan media papan
kantong hitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas
guru, menganalisis aktivitas dan kemampuan kognitif anak terkait
kemampuan berhitung pada anak usia dini kelompok B TK Islam Bakti III
Banjarmasin.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif
dan kuantitatif) yang Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas
(PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting
penelitian anak dikelompok B TK Islam Bakti Banjarmasin tahun
2022/2023. dengan jumlah peserta didik. Data kualitatif dan kuantitatiif di
peroleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil
perkembangan nilai kognitif selama proses pembelajaran berlangsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada
pertemuan I hingga pertemuan III dengan perolehan aktivitas guru dalam
melaksanakan model pembelajaran mendapatkan skor 21 dari 28 skor
maksimal di pertemuan I lalu mendapat skor 27 dari 28 skor maksimal di
pertemuan II dan mendapat skor 28 dari 28 skor maksimal. Aktivitas siswa
pada pertemuan I yaitu 30% dan meningkat menjadi 70% pada pertemuan
II dan kembali meningkat menjadi 100% pada pertemuan III..Sedangkan
kemampuan kognitif siswa 30% di pertemuan I meningkat menjadi 40% di
pertemuan II dan kembali meningkat menjadi 80% di pertemuan III.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model
make a match metode bermain kartu angka menggunakan media papan
kantong hitung terbukti dapat meningkatkan aktivitas guru, bermain kartu
angka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan
hasil perkembangan aspek kognitif peserta didik dengan sangat baik dan sangat aktif. Di sarankan bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti
selanjutnya dapat menjadi bahan masukan untuk mengembangkan
kemampuan kognitif anak.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI