DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH METODE BERMAIN KARTU ANGKA DENGAN MEDIA PAPAN KANTONG HITUNG PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK ISLAM BAKTI III BANJARMASIN
PENGARANG:SURIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-10


ABSTRAK

Suriani. 2023. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Menggunakan

Model Make A Match Metode Bermain Kartu Angka Dengan Media

Papan Kantong Hitung Pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Islam

Bakti III Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing

Faqihatuddiniyah, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan kognitif, Make A Match, Kartu Angka, Papan

Kantong Hitung.

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah kurangnya

kemampuan kognitif anak yang mengakibatkan kemampuan kognitif

terkait kemampuan mengenal bilangan 1-20 dan juga kemampuan anak

dalam Mengelompokan bilangan berdasarkan warna dan bentuk

menujukkan belum berkembang. Penyebab dari masalah tersebut karena

Proses pembelajaran kurang didukung dengan penggunaan media dan

Pembelajaran kurang menarik. Solusi dalam mengatasi masalah di atas

adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran make

a match dengan metode bermain kartu angka dengan media papan

kantong hitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas

guru, menganalisis aktivitas dan kemampuan kognitif anak terkait

kemampuan berhitung pada anak usia dini kelompok B TK Islam Bakti III

Banjarmasin.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif

dan kuantitatif) yang Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas

(PTK), penelitian ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Setting

penelitian anak dikelompok B TK Islam Bakti Banjarmasin tahun

2022/2023. dengan jumlah peserta didik. Data kualitatif dan kuantitatiif di

peroleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil

perkembangan nilai kognitif selama proses pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada

pertemuan I hingga pertemuan III dengan perolehan aktivitas guru dalam

melaksanakan model pembelajaran mendapatkan skor 21 dari 28 skor

maksimal di pertemuan I lalu mendapat skor 27 dari 28 skor maksimal di

pertemuan II dan mendapat skor 28 dari 28 skor maksimal. Aktivitas siswa

pada pertemuan I yaitu 30% dan meningkat menjadi 70% pada pertemuan

II dan kembali meningkat menjadi 100% pada pertemuan III..Sedangkan

kemampuan kognitif siswa 30% di pertemuan I meningkat menjadi 40% di

pertemuan II dan kembali meningkat menjadi 80% di pertemuan III.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model

make a match metode bermain kartu angka menggunakan media papan

kantong hitung terbukti dapat meningkatkan aktivitas guru, bermain kartu

angka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan

hasil perkembangan aspek kognitif peserta didik dengan sangat baik dan sangat aktif. Di sarankan bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti

selanjutnya dapat menjadi bahan masukan untuk mengembangkan

kemampuan kognitif anak.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI