DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Keterampilan Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Model Project Visualizations di TK Tunas Muda Desa Sukaramah
PENGARANG:SITI AISYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-11


Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kognitif anak konsep bilangan. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model Project visualization. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas anak dan perkembangan kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek dari penelitian adalah anak kelompok A TK Tunas Muda Desa Sukaramah, jumlah anak sebanyak 13 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mendapat skor 32, pertemuan II mendapat skor 42, pertemuan III mendapat skor 48, dan pertemuan IV mendapat skor 52. Aktivitas anak pada pertemuan I memperoleh persentase 53,84%, pertemuan II memperoleh persentase 68,50%, pertemuan III memperoleh persentase 83,17%, dan pertemuan IV memeproleh persentase 94,95%. Perkembangan Kognitif anak pertemuan I memperoleh persentase 75,96%, pertemuan II memperoleh persentase 82,05%, pertemuan III memperoleh persentase 89,10%, dan pertemuan IV memperoleh 96,15%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak berhasil meningkat dan berkembang.

Kata Kunci: Konsep Bilangan, Model Project visualization.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI