DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL BAGUS PADA MUATAN IPS KELAS IV DI SDN 1 MURUNG A KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:AINUN FARIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-11


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas, keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar muatan IPS peserta didik.Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan model BAGUS dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV. Data yang diperoleh adalah data kualitatif melalui observasi aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis dan data kuantitatif melalui hasil belajar peserta didik dengan tes tertulis.

Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan sehingga pada pertemuan ketiga aktivitas pendidik mencapai skor 31 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 92% dengan kriteria “Sangat Baik”. Keterampilan berpikir kritis peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 85% dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan klasikal 92% dengan kriteria “Sangat Baik”.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penggunaan model BAGUS dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis, dan hasil belajar peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI