DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SOTO BANJAR DI KELURAHAN BANUA ANYAR
PENGARANG:DAILAMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-11


Dailami, 2023. Soto Banjar di Kelurahan Banua Anyar. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Drs. Ersis Warmansyah Abbas, BA., M.Pd dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.

Setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda dari daerah lainnya. Hal itu yang menjadikan daerah tersebut memiliki sesuatu yang bisa dikembangkan dan menjadi ciri khas daerahnya. Satu diantaranya adalah Soto Banjar yang menjadi ikon kuliner di Kawasan Wisata Kuliner Banua Anyar. Penetapan ikon kuliner tidak terlepas dari adanya pertimbangan masyarakat dan pemerintah, karena memilih satu makanan dari banyaknya makanan daerah yang kemudian di tetapkan sebagai ikon kuliner bukan sesuatu yang mudah. Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan sejarah Soto Banjar di Banua Anyar. 2) Mendeskripsikan alasan Soto Banjar di Banua Anyar ditetapkan sebagai Ikon Kuliner. 3) Mendeskripsikan Soto Banjar di Banua Anyar sebagai sumber belajar IPS.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi (sumber, teknik dan waktu).

Hasil penelitian: 1) Salah satu aktivitas yang ada di bantaran sungai Banua Anyar yaitu adanya kegiatan jual beli melalui rumah makan. Hal tersebut membuat Banua Anyar terkenal dengan wisata kulinernya. Rumah makan yang pertama dibangun adalah Soto Bang Amat pada tahun 2002. Kemudian satu tahun setelahnya di bangun Rumah makan Soto Bawah Jembatan. Keduanya menyajikan Soto banjar sebagai menu unggulan. 2) Alasan Soto Banjar di tetapkan menjadi Ikon kuliner yaitu ; Pertama, Soto Banjar merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang menyandang merek/brand nama daerah. Kedua, karena pemerintah kota Banjarmasin yang memfokuskan destinasi wisata pada Soto Bawah Jembatan dan Soto Bang Amat yang menyediakan Soto Banjar. Ketiga, karena Soto Banjar menjadi salah satu makanan yang paling banyak peminatnya dan paling disukai. 3) Soto Banjar di Banua Anyar dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS pada SMP kelas VIII yaitu terkait dengan materi plularitas masyarakat Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan pemanfaatan lingkungan sekitar peserta didik sebagai sumber belajar agar terjadi pembelajaran yang bermakna..

Kata kunci: Soto Banjar, Kuliner, Sumber Belajar IPS.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI