DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KONTEKS BUDAYA PASAR TERAPUNG PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
PENGARANG:Siti Jakiah Turidha
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-11


Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang bertujuan untuk mendeksripsikan hasil belajar siswa melalui model pembelajaaran Problem Based Learning (PBL) dan model Pembelajaran PBL dengan konteks Budaya Pasar Terapung pada Materi Menyajikan Data kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Terdapat populasi sebanyak 287 siswa berasal dari siswa kelas VII SMPN 9 Banjarmasin yang terdiri dari 9 kelas tahun pelajaran 2022/2023. Dua kelas dipilih menjadi sampel penelitian dengan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran PBL dengan konteks Budaya Pasar Terapung. Instrumen penelitian ini berupa lembaran soal untuk menguji kemampuan awal siswa dan kemampuan akhir siswa. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PBL pada mata pelajaran matematika termasuk kategori cukup baik, dan hasil penelitian juga menunjukan hasil belajar siswa paada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaaran PBL dengan konteks Budaya Pasar Terapung pada mata pelajaran matematika termasuk dalam kategori baik. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan yang diajarkan menggunakan model Pembelajaran PBL dengan konteks Budaya Pasar Terapung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI