DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAIT UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:AL RISQI HANIFAH QOIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-11


Al Risqi Hanifah Qoirunnisa, 2021, Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAIT Ukhuwah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing: (I) Dr. Syaharuddin, S.Pd.,M.A. (II) Heri Susanto, M.Pd.

 

      Melonjaknya angka persebaran wabah covid-19 di Indonesia memberikan dampak yang sangat besar pada dunia pendidikan, pada 17 Maret 2020, pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring pada semua sekolah, salah satunya adalah SMAIT Ukhuwah Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah di SMAIT Ukhuwah yang meliputi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian serta untuk mengetahui kendala yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran daring di SMAIT Ukhuwah.

     Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menganalisis fenomena yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pembelajaran daring di SMAIT Ukhuwah yang meliputi  tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian serta kendala yang dialami guru dan siswa dalam pembelajaran daring di SMAIT Ukhuwah. Sedangkan subjek penelitian ini adalah bapak kepala sekolah dan guru mata pelajaran sejarah. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumetasi.

     Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa implementasi pembelajaran sejarah di SMAIT Ukhuwah terdiri dari 3 tahapan. (1) Tahap Perencanaan, terdiri dari menyiapkan sistem pembelajaranya dan memberikan pelatihan kepada semua guru, agar pembelajaran daring yang akan dilaksanakan nanti bisa berjalan optimal. (2) Tahap Pelaksanaan, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring dengan menggunakan platform-platform yang sudah di siapkan dan digunakan oleh sekolah. (3) Tahap Penilaian, dilakukan dengan menggunakan platform google form dan quizizz yang sudah terhubung dengan google classroom. Adapun problematika atau kendala dalam pembelajaran daring di SMAIT Ukhuwah terbagi menjadi dua, yaitu problem internal dan problem eksternal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI