DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI SKALA UNTUK SISWA KELAS V DENGAN METODE TUTORIAL | |
PENGARANG | : | MUHAMAD ADITYA FAUZAN SIDIK | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-10-12 |
Media pembelajaran interaktif berbasis web dapat diakses menggunakan internet
dimana saja dan kapan saja. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi Skala kelas V dengan
metode Tutorial dan menganalisis kelayakan media pembelajaran ditinjau dengan
kriteria validitas. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis web ini adalah Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE yang sudah dibatasi, meliputi 4 tahapan yaitu
Analysis, Design, Development, dan Evalution. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah kuesioner. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner dan
teknik analisis data, analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. .
Subjek penelitian adalah 4 orang ahli di antaranya 2 orang ahli materi yaitu (1 dosen
Pendidikan Matematika dan 1 guru SDN 4 Belimbing Raya). Serta ahli media dari
(2 dosen Pendidikan Komputer). Hasil penelitian, telah dikembangkan media
pembelajaran interaktif berbasis web pada materi skala menggunakan teknologi
yaitu HTML, CSS, JavaScript, Bootstrap, JSON, Firebase, MathJax, Animaker,
Canva, Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Premiere, Draw.io, dan Netlify.
Materi dan Media dinyatakan valid berdasarkan hasil dari validitas, hasil validitas
materi 88.84% dengan kriteria Sangat Tinggi sedangkan hasil validitas media
81.25% dengan kriteria Sangat Tinggi. Maka dari hasil validitas tersebut dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi skala
untuk siswa kelas v dengan metode tutorial dinyatakan valid dan layak digunakan
untuk uji coba.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI