DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED DENGAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT UNTUK SISWA SMP KELAS IX
PENGARANG:MAULANA MALIK FAJAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-12


ABSTRAK

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh guru supaya membuat siswa berani berperan aktif adalah melalui tugas yang tidak hanya memiliki satu jawaban tertentu yang benar (banyak/semua jawaban benar). Pembelajaran matematika yang dapat memberikan keleluasaan kepada siswa untuk berpikir secara aktif, salah satunya adalah pembelajaran dengan pemberian soal-soal open ended.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal open ended menggunakan konteks kearifanlokal pada materi persamaan dan fungsi kuadrat untuk siswa SMP Kelas IX yang valid, praktis, dan efektif. Metode pengembangan yang digunakan adalah tipe formative research Tessmer yang meliputi  self evaluation, prototyping (expert review, one-to-one, small group dan field test). Penelitian ini dilakukan sampai pada tahapfield test. Instrumenpenelitianyang digunakanpadapenelitianiniyaknilembarvalidasi, lembar penilaian kepraktisan, dan prototipe.Lembar validasisoaldigunakan untuk menguji kevalidanprototipe yang telahdibuat.Validasiprototipemeliputivalidasimateri,validasi konstruksidanbahasa.  Lembarvalidasidiberikanpenelitikepada tiga orang validator. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini telah menghasilkan lima butir soal  open ended dengan materi persamaan dan fungsi kuadrat untuk siswa SMP Kelas IX. Berdasarkan analisis lembar validasi dari tiga validator diperoleh skor rata-rata 4,73 yang artinya soal pengembangan ini masuk kategori valid. Hasil pengisian angket siswa memperoleh skor 4,25 atau 85% berada pada kriteria “praktis”. Sehingga diperoleh soal open ended yang praktis. Hasil analisis data tes tersebut didapatkan skor rata-rata siswa sebesar 18,7 dimana kemampuan siswa berada kategori baikdalam penelitian ini soal dikatakan memiliki efektivitas jika rata-rata skor keseluruhan siswa menunjukkan pada kategori baik atau sangat baik. Dengan demikian soal open ended yang dikembangkan oleh peneliti dikatakan efektif. Jadi, soal open ended dalam pengembangan ini valid, praktis, dan efektif.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI