DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI GETARAN HARMONIS DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI
PENGARANG:MUHAMMAD IQBAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-12


 

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI GETARAN HARMONIS DENGAN METODE TUTORIAL UNTUK SISWA SMA KELAS XI (Oleh: Muhammad Iqbal; Pembimbing: Andi Ichsan Mahardika, Nuruddin Wiranda; 2023; 86 Halaman)

 

Media pembelajaran berbasis web merupakan media yang disiapkan, disusun untuk diimplementasikan pengajarnya menggunakan web. Media ini disajikan dengan multimedia, sehingga dalam pembelajarannya akan menarik apabila multimedia yang digunakan memunculkan aktivitas yang interaktif. Salah satu materi yang memerlukan pemahaman konsep dan prosedur penyelesaian masalah adalah materi getaran harmonis. Hal ini dikarenakan materi tersebut diperlukan penjabaran yang lebih detail. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi getaran harmonis dengan metode tutorial untuk siswa SMA kelas XI. (2)Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi getaran harmonis dengan metode tutorial untuk siswa SMA kelas XI. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode Research and Development dengan prosedur pengembangan ADDIE yang memiliki 5 tahap pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Uji coba dilakukan di sekolah SMA Negeri 8 Banjarmasin, dengan 35 orang peserta didik kelas XI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penilaian validitas, kuisioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Teknologi yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi getaran harmonis dengan metode tutorial ini ialah HTML, CSS Javascript,  JSON dan Firebase. (2) Media pembelajaran dinyatakan valid dengan kategori sangat tinggi ditinjau dari penelitian validitas materi dan kategori tinggi untuk validitas media, kepraktisan ditinjau dari angket respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran dinyatakan praktis, keefektifan ditinjau dari data hasil belajar peserta didik yang dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi getaran harmonis untuk siswa SMA kelas XI dengan metode tutorial layak untuk digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran berbasis web, getaran harmonis, metode

         tutorial.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI