DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERENCANAAN PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM) DI DESA PULAU PATAI DAN DESA MAGANTIS KECAMATAN DUSUN TIMUR KABUPATEN BARITO TIMUR PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:BAYU SATRYA HUSODO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-13


 

ABSTRAK

 

Bayu Satrya Husodo, 202042231009, Analisis Perencanaan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Pulau Patai dan Desa Magantis Kecamatan Dusun Timur Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Tesis. Program Studi Magister Studi Pembangunan Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I, Udiansyah, Pembimbing II, Muhammad Riduansyah Syafari.

Kata Kunci : Analisis, Perencanaan, Strategi, Program STBM

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perencanaan program Program STBM di Desa Pulau Patai dan Desa Magantis Kecamatan Dusun Timur yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, dinilai belum optimal dan tepat sasaran dengan data di lapangan UPTD Puskesmas Tamiang Layang sebagai pembina kesehatan masyarakat di wilayah desa tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menganalisis penyebab permasalahan belum optimal dan tepat sasaran proses perencanaan program STBM di Desa Pulau Patai dan Desa Magantis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur. 2) Menganalisis proses sinkronisasi perencanaan program STBM di Desa Pulau Patai dan Desa Magantis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur. 3) Mengetahui pola dan proses perencanaan serta monitoring evaluasi program STBM pada Desa Pulau Patai dan Desa Magantis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur. 4) Merumuskan strategi-strategi dalam menyelesaikan masalah untuk mengoptimalkan proses perencanaan program STBM di Desa Pulau Patai dan Desa Magantis yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur.

Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan beberapa informan dan telusur dokumen.  Data yang diperoleh kemudian dilakukan analisis menggunakan Fish Bone Analysis dan  SWOT Analysis.

            Hasil Penelitian menunjukan bahwa : Penyebab permasalahan belum optimal dan terpat sasaran perencanaan program STBM di desa Pulau Patai dan Desa Magantis yang dilakukan oleh  Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur yaitu disebabkan dan dipengaruhi oleh 5 M atau 5 aspek yaitu : Man Power; Method; Material; Measurement/ Monitoring; Mother Nature/ Environtment, yang meliputi: Keterbatasan kemampuan dan kompetensi petugas dalam menganalisa dan mengelola laporan; Sosialisasi dan advokasi melalui Pokja PPSP, lintas sektor dan lintas program tidak optimal dan berkesinambungan;  Proses sinkronisasi dan validasi data, wawancara dan observasi tidak dilakukan secara optimal; Adanya Keputusan Bupati Barito Timur No. 326 Tahun 2019 dan Keputusan Bupati Juni Tahun 2021 tentang Penetapan Desa Prioritas Stunting sebagai tindak lanjut arah kebijakan Nasional yang mempengaruhi arah dan kebijakan perencanaan pembangunan di daerah; Perubahan dan rotasi jabatan secara struktral; serta Desiminasi, dan monitoring evaluasi serta penentuan target dan capaian belum jelas dan tidak dilakukan secara berkala; di sisi lain Desa Pulau Patai memiliki potensi dan keunikan yang merupakan desa persiapan sebagai desa destinasi wisata yang dengan jumlah penduduk lebih sedikit dibandingkan dengan Desa Magantis, sehingga intervensi dan implementasi program STBM dinilai lebih cepat terlaksana dan teratasi. Pilihan strategi terpilih ialah strategi SO Strength-Opportunity dengan mengoptimalkan setiap potensi kekuatan dan peluang yang ada, namun pilihan atau alternatif strategi yang lain seperti strategi ST, WT dan WO juga dapat dipertimbangkan untuk dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI