DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN SEI PIMPING KABUPATEN TABALONG
PENGARANG:EVI HAFIZATURRAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-13


Evi Hafizaturrahmi, 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas V SDN Sei Pimping Kabupaten Tabalong. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno, M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Inkuiri dan Operasi Hitung Pecahan.

Permasalahan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah pembelajaran masih berpusat pada guru, jarang media pembelajaran disiapkan sekolah, guru mengatakan hasil belajar rendah karena masih ada siswa yang belum mencapai KKM 70 yang ditentukan. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setting penelitian dilakukan di SDN Sei Pimping Kabupaten Tabalong pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 20 orang tahun ajaran 2023. Penelitian dilakukan pada pelajaran matematika materi operasi hitung pecahan. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu diakhir pertemuan. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 18 dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II memperoleh skor 23 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 70% dengan kriteria “aktif” dan meningkat pada siklus II mencapai skor 100% dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil belajar siswa ranah kognitif pada siklus I mencapai 70% dengan kriteria “baik” dan meningkat pada siklus II mencapai 100% dengan kriteria “sangat baik”.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan. Dan disarankan kepada guru, siswa, kepala sekolah dan peneliti lain untuk menggunakan kombinasi model pembelajaran dalam menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa pada kegiatan pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI