DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KINERJA GURU DI SDN 2 SELAT TENGAH DAN SDN 1 SELAT TENGAH KUALA KAPUAS | |
PENGARANG | : | NI KADEK AGUSTINA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-10-14 |
Agustina, Ni Kadek, 2023. Peran Kepala Sekolah dalam Membina Kinerja Guru di SDN 2 Selat Tengah dan SDN 1 Selat Tengah Kuala Kapuas. Tesis Program Studi S2 Pendidikan IPS Program Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. H. Prof. Dr. H. Wahyu, MS. dan Pembimbing (2) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd.
Kata Kunci : Peran kepemimpinan, Kepala sekolah , Kinerja guru
Beberapa permasalahan yang terjadi di lapangan yang berkaitan dengan kinerja para guru di sekolah adalah kurangnya kedisiplinan, kurangnya inisiatif guru dalam membuat dan melengkapi administrasi, selain itu juga guru masih kurang terampil dalam pengelolaan pembelajaran dan penyampaian materi di dalam kelas. Keberhasilan pelaksanaan pendidikan di sekolah sebagai perwujudan ukuran kinerja guru bergantung pada kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola tenaga pendidik baik dalam sisi perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kepemimpinan Kepala Sekolah dalam membina kinerja guru.
Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. yaitu suatu metode yang mengamati, menganalisa dan menggambarkan fenomena yang terjadi tentang peran Kepala Sekolah dalam membina kinerja guru di SDN 2 Selat Tengah dan SDN 1 Selat Tengah Kuala Kapuas.
Hasil analisis data penelitian dilihat dari fokus penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kepemimpinan kepala Sekolah dalam membina kinerja guru di Sekolah Dasar. 1. kepemimpinan Kepala sekolah memiliki tipe kepemimpinan demokratis dan berperan penting dalam pengelolaan sekolah melalui program yang direncanakan. 2. kepemimpinan Kepala Sekolah dalam upaya optimalisasi kinerja guru dilaksanakan melalui beberapa langkah efektif, 3.penilaian/ evaluasi Kepala Sekolah untuk menganalisis keefektifitasan kepemimpinan yang telah diprogramkan dan dilaksanakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum memang kepemimpinan seorang Kepala Sekolah sedikit banyaknya mempengaruhi kinerja dari guru. Oleh karena itu Kepala Sekolah harus mampu mengatur agar semua potensi sekolah dapat berjalan secara optimal.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI