DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA KINERJA GURU DI SDN 2 SELAT TENGAH DAN SDN 1 SELAT TENGAH KUALA KAPUAS
PENGARANG:NI KADEK AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-14


ABSTRAK

 

Agustina, Ni Kadek, 2023. Peran Kepala Sekolah dalam Membina Kinerja Guru di SDN 2 Selat Tengah dan SDN 1 Selat Tengah Kuala Kapuas. Tesis Program Studi S2 Pendidikan IPS  Program  Pasca Sarjana  Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Prof. H. Prof. Dr. H. Wahyu, MS.  dan Pembimbing (2) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd.

 

Kata Kunci :  Peran  kepemimpinan, Kepala sekolah ,  Kinerja guru

Beberapa permasalahan yang terjadi di lapangan yang berkaitan dengan kinerja para guru di sekolah adalah kurangnya kedisiplinan,  kurangnya inisiatif guru dalam membuat dan melengkapi administrasi, selain itu juga guru masih kurang terampil dalam pengelolaan pembelajaran dan penyampaian materi di dalam kelas. Keberhasilan pelaksanaan pendidikan di sekolah sebagai perwujudan ukuran kinerja guru bergantung pada kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengelola tenaga pendidik baik dalam sisi perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian  Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kepemimpinan Kepala Sekolah dalam membina kinerja guru.

Penelitian  menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. yaitu suatu metode yang mengamati, menganalisa dan menggambarkan fenomena yang terjadi tentang peran Kepala Sekolah dalam membina kinerja guru di SDN 2 Selat Tengah dan SDN 1 Selat Tengah Kuala Kapuas.

Hasil analisis data penelitian dilihat dari fokus penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian kepemimpinan kepala Sekolah dalam membina kinerja guru di Sekolah Dasar.  1.  kepemimpinan Kepala sekolah  memiliki tipe kepemimpinan demokratis dan  berperan penting dalam pengelolaan sekolah melalui program yang direncanakan. 2.    kepemimpinan Kepala Sekolah dalam upaya optimalisasi kinerja guru dilaksanakan melalui beberapa langkah efektif, 3.penilaian/ evaluasi Kepala Sekolah untuk menganalisis keefektifitasan kepemimpinan  yang telah diprogramkan dan dilaksanakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara umum memang kepemimpinan seorang Kepala Sekolah sedikit banyaknya mempengaruhi kinerja dari guru. Oleh karena itu  Kepala Sekolah harus mampu mengatur agar semua potensi sekolah dapat berjalan secara optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI