DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA
PENGARANG:AHMAD SAUFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-15


Pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik maupun hasil belajar peserta didik, Model ini merupakan salah satu model yang direkomendasikan dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji perbedaan hasil belajar Kognitif peserta didik dengan menggunakan model Project Based Learning jika dibandingkan dengan model  Discovery Learning pada sub materi Pencemaran Lingkungan kelas X SMAN 1 Alalak. (2) Mendeskripsikan hasil belajar Kognitif Produk peserta didik dengan menggunakan model Project Based Learning jika dibandingkan dengan model  Discovery Learning pada sub materi Pencemaran Lingkungan kelas X SMAN 1 Alalak berdasarkan hasil LKPD. (3) Mendeskripsikan respon peserta didik kelas X SMAN 1 Alalak setelah diajarkan menggunakan model Project Based Learning pada sub konsep Pencemaran Lingkungan. . Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini kelas X-3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 35 peserta didik dan kelas - 4 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Alalak berjumlah 34 peserta didik . Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dari pretest dan posttest serta deskripsi dalam respon peserta didik Hasil penelitian ini menunjukan (1) Penggunaan Model Project Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Kognitif  peserta didik kelas X   SMAN 1 Alalak yang ditunjukkan dari Uji Wilcoxon rank sums test diperoleh hasil Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,004 yang berarti nilai Asymp.Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. (2) Penggunaan Model Project Based Learning dapat Meningkatkan hasil belajar Kognitif Proses peserta didik kelas X   SMAN 1 Alalak yang ditunjukkan dari perolehan nilai rerata LKPD kelas Eksperimen 38,4, kelas Kontrol dengan nilai rerata 37,5  yang berarti berada pada kategori sedang. (3) Hasil angket yang diisi oleh peserta didik kelas eksperimen yaitu kelas X memiliki nilai rata-rata respon sebesar 71,42% yang artinya peserta didik setuju dengan penggunaan Pengaruh Model Project Based Learning Pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI