DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN TINGKAT BURNOUT BELAJAR SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN JURUSAN USAHA LAYANAN WISATA DI SMK NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RUSMINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-16


Burnout belajar terjadi karena adanya tuntutan atau tekanan yang berkaitan dengan belajar, sehingga mengakibatkan timbulnya rasa bosan, lelah, dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas belajar, serta peserta didik menjadi tidak produktif dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat burnout belajar siswa laki-laki dan perempuan jurusan usaha layanan wisata di SMK Negeri 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang dilakukan pada siswa kelas X dan XI jurusan usaha layanan wisata di SMK Negeri 4 Banjarmasin dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 65 siswa/i. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan T-Test.

Hasil penelitian berdasarkan tabel output “Independent Samples Test” padabagian "Equalvariances assumed" diketahuinilaiSig. (2-tailed) sebesar0,028<0,05,makasebagaimanadasarpengambilankeputusandalamujiindependent samples test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan (nyata) antara rata-rata burnout belajar siswa laki-laki dengan siswi perempuan. Peneliti menyarankan agar guru bimbingan dan konseling dalam penelitian ini dapat mengidentifikasi aspek lain yang mungkin dapat memunculkan permasalahan mengenai burnout belajar agar dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling yang tepat untuk mengatasi permasalahan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI