DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul Ajar Berbasis PjBL Pada Materi Alternatif untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik
PENGARANG:OCTAVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-16


 

Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas X-6 SMA Negeri 3 Banjarmasin karena belum tersedianya modul ajar yang dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis PjBL pada materi energi alternatif untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Kelayakan modul ajar ditinjau dari validitas, kepraktisan, keefektifan modul ajar dan peningkatan indikator keterampilan berpikir kritis peserta didik. Pengembangan modul ajar dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian ini didapatkan dari lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan modul ajar, dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan modul ajar yang dikembangkan layak digunakan karena mempunyai hasil validitas baik, kepraktisan sangat baik, efektivitas baik dan pencapaian indikator berpikir kritis peserta didik dalam kategori tinggi . Dengan demikian, modul ajar berbasis PjBL pada materi energi alternatif yang dikembangkan layak dan mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika.

Kata kunci: Berpikir kirtis, energi alternatif, modul ajar, PjBL

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI