DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meta-Analisis Pengaruh Pembelajaran Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
PENGARANG:Khairun Nisa
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-16


Etnomatematika memiliki pengaruh yang positif dalam penerapan proses pembelajaran sebagai suatu pendekatan, misalnya kemampuan pemecahan masalah. Beberapa peneliti sebelumnya telah melakukan penelitian tentang pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Namun, masih banyak terdapat perbedaan atau variasi dari hasil penelitian tersebut sehingga masih terdapat keraguan mengenai dampak atau efektivitas penerapan pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan penelitian meta-analisis dengan bantuan software Comprehensive Meta-Analysis (CMA). Kajian yang relevan dengan penelitian ini dicari melalui jurnal nasional dan internasional dari  database SINTA sesuai dengan kata kunci yang telah ditentukan. Terdapat 100 studi yang diperoleh dari permintaan pencarian. Dipilih sebanyak 13 studi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti dengan empat jurnal internasional dan sembilan jurnal nasional. Penelitian ini menunjukkan bahwa  effect size dari penerapan pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah sebesar 0.634 dan termasuk dalam kategori sedang. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika memiliki pengaruh untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Secara statistik, penerapan pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis juga dipengaruhi oleh jenjang pendidikan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI