DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Media Pembelajaran Google Meet Era Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X Tata Busana SMK Negeri 4 Banjarmasin Tahun 2020/2021
PENGARANG:NICO NATANAEL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-16


Media Google Meet Dalam Pembelajaran Sejarah Era Pandemi Covid-19Di Kelas X Tata BusanaSMK Negeri 4 Banjarmasin Tahun 2020/2021.(PembimbingI:Dr.HerryPordaNugrohoPutro,M.Pd.danPembimbingII:Dr.Syaharuddin,S.Pd.,M,A.).

PandemiCovid-19berdampakterhadapduniapendidikan,dimanapelaksanaanpembelajaranberubahdaritatapmukamenjadidaring(dalamjaringan) dengan berbasis digital. Pembelajaran daring dapat dilaksanakan denganmenggunakan berbagai alternatifmediadaring.MediautamayangdigunakangurusejarahdalampembelajarankelasXTataBusanaSMKNegeri4Banjarmasinpada masa pandemi Covid-19, yakni media Google Meet. Maka tujuan utama daripenelitianiniadalahuntuk(1)Mendeskripsikanprofilkelas XTataBusanaSMKNegeri4Banjarmasin(2)Mendeskripsikan proses pelaksanaanpembelajaran sejarah dengan memanfaatkan media Google Meet di kelas XTataBusanaSMK Negeri 4 Banjarmasin (3) Mendeskripsikandampak daripelaksanaanpembelajaran sejarah dengan memanfaatkan media Google Meet  terhadap hasil belajar siswa dikelasXTataBusanaSMKNegeri4Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. SubyekpenelitianiniadalahgurudansiswakelasX Tata Busana SMK Negeri4Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara,danstudidokumen.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru sebelummelaksanakanpembelajarangurumembuatRPPdanjuga menyiapkanlaptopatau Smartphone untuk menunjang pembelajaran daring. Dalam pelaksanaannyapembelajaranmediayangdigunakandi kelasX Tata Busana SMK Negeri 4Banjarmasin adalah Google Meet karena dapat melakukan pembelajaran secaratatap muka langsung meskipun secara virtual terhalang oleh layar monitor gurudapat melihat langsung mana peserta didik yang aktif dalam pembelajaran danmana yang tidak. Penilaian dapat dilakukan oleh guru dengan cara peserta didikmengumpulkan tugas dengan ketepatan waktu yang telah ditentukan. Dan dalammenghadapikendalayangmungkinterjadisepertiadapesertadidikyangterkendalajaringan,koutainternethabis,maupunpesertadidikyangoffcamselamapembelajaranmenggunakanGoogleMeetmaupunsetelahselesaipembelajaran guru akan mengkonfirmasikan kepada peserta didik jika kurangpaham atau ada pembelajaran yang terlewat karena keterlambartan masuk agarpesertadidikmengkonfirmasisecaralangsungkepadagurumelaluigroupWhatsApp kelas X Tata Busana yang sudah dibuat maupun secara pribadi kepadaguruagartidakketinggalanmateripembelajaran..

 

kata kunci: Media Google Meet, Pembelajaran Sejarah, Pembelajaran daring.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI