DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH KHUSUS KAK SETO KOTA TANGERANG SELATAN
PENGARANG:FUAD KHALIS MAHMUD
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-17


Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru sehinga memerlukan banyak referensi untuk pengimlementasiannya, penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk sekolah khusus atau sekolah luar biasa dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran implementasi Kurikulum Merdeka dalam hal: 1) Mendeskripsikan pembelajaran dan asesmen. 2) Mendeskripsikan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. 3) Mendeskripsikan projek penguatan profil pelajar Pancasila. 4) Mendeskripsikan kegiatan kolaborasi dengan orang tua peserta didik. 5) Mendeskripsikan kendala. 6) Mendeskripsikan upaya dalam mengatasi kendala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala Sekolah, koordinator kurikulum, guru wali kelas 4 dan 6. Sumber data sekunder penelitian ini berasal dari dokumen sekolah, dan panduan-panduan implementasi Kurikulum Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di Sekolah Khusus Kak Seto adalah: Komponen pembelajaran dan asesmen, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan kegiatan kolaborasi dengan orang tua peserta didik serta kendala dan upaya dalam implementasi Kurikulum Merdeka, memenuhi kriteria tahap mahir berdasarkan panduan tahapan-tahapan implementasi Kurikulum Merdeka yang ditetapkan oleh Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI