DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGGUNAKAN KOMBINASI MAKE A MATCH, PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MEDIA KONKRIT PADA ANAK KELOMPOK B TK HOSIAH BANJARMASIN
PENGARANG:TUTI HARTINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-17


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu perkembangan kognitif pada anak kelompok B TK Hosiah Banjarmasin Banjarmasin hanya dilakukan 4 kali dalam sebulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil Pengembangan Kognitif Dan Aktivitas Belajar Menggunakan Kombinasi Make a Match, Pembelajaran Langsung Dan Media Konkret Pada Anak Kelompok B Tk Hosiah Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah anak kelompok B TK Hosiah Banjarmasin Banjarmasin dengan jumlah 11 orang anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥ 80% atau Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan ke I memperoleh kriteria cukup baik dan mengalami perbaikan pada pertemuan ke IV dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya mencapai kategori sebagian kecil anak aktif pada pertemuan ke I, berkembang hingga mencapai kategori seluruh anak aktif pada pertemuan ke IV dan hasil perkembangan kognitif memperoleh kategori Masih Berkembang (MB) pada pertemuan I dan mengalami perkembangan pada pertemuan VI dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan pada aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif pada anak kelompok B TK Hosiana Banjarmasin dapat dikembangkan dengan menggunakan model Make a Matchdan metode pemberian. Saran kepada guru, hendaknya penelitian ini dijadikan alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan anak. Bagi kepala TK hendaknya dapat meningkatkan kinerja pendidik di sekolahnya. Untuk peneliti lain, dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI