DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS UNTUK UPAYA PENCEGAHAN TIGA DOSA BESAR PENDIDIKAN
PENGARANG:MUHAMMAD ANDRIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-17


Guru sebagai pendidik dan pembimbing memiliki peran penting dalam proses pembelajaran di lingkungan sekolah untuk menumbuhkan nilai karakter siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui intensitas peran guru sebagai pendidik dan pembimbing terhadap upaya pencegahan perilaku tiga dosa besar pendidikan. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru aktif mata pelajaran yang berada di SMA Negeri kota Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling berupa simple random sampling, responden yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah 197 sampel guru aktif SMA Negeri Kota Banjarmasin. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner berbasis google from. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam menumbuhkan nilai karakter siswa untuk upaya pencegahan “Tiga Dosa Besar Pendidikan” memiliki katergori berperan dengan nilai 76,3% . Artinya guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan nilai karakter peserta didik seperti memberikan penjelasan dan pemahaman karakter religius, karakter nasionalis, karakter gotong royong, karakter integritas dan karakter mandiri agar terhindarnya dari tindakan atau perilaku perundungan (bullying), kekerasan seksual, dan intoleransi. Juga peran guru menerapkan sebagai pendidik dan pembimbing dalam hal upaya pencegahan “Tiga Dosa Besar Pendidikan”. Guru tersebut telah memberikan pemahaman terkait hal pencegahan dan penanganan untuk upaya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI