DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA DAN MOTIVASI KERJA, TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BUMI MAKMUR KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:CHRISTANTI HELDA SELVIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-17


Selviana, Christanti Helda. 2023. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Iklim Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Bumi Makmur Kabupaten Tanah Laut. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : Dr. M. Saleh, M.Pd ; Pembimbing II : Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

 

Kata Kunci : Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Iklim Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

 

Sekolah adalah organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan dengan tujuan utama yaitu membentuk manusia yang memiliki kepribadian, mumpuni secara intelektual dan juga beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas tidak terlepas dari keberadaan kepala sekolah dan guru yang memiliki peran strategis.Guru sebagai tenaga pendidik merupakan salah satu faktor penentu tercapainya tujuan pendidikan, oleh karena itu guru haruslah memiliki kinerja baik. Kinerja guru adalah hasil kerja optimal guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang berupa prestasi kerja guru dalam pembelajaran.Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang supervisi akademik kepala sekolah, iklim kerja, motivasi kerja dan kinerja guru, serta menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung supervisi akademik kepala sekolah, iklim kerja, motivasi kerja terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Bumi Makmur.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 109 orang guru. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proposional random sampling, dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial dan pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur (Path analysis).

Hasil Penelitian menunjukkan (1) gambaran dari supervisi akademik kepala sekolah sebagian besar berada pada klasifikasi sedang, iklim kerja sebagian besar berada pada klasifikasi sedang, motivasi kerja sebagian besar berada pada klasifikasi tinggi, dan kinerja guru Sebagian besar berada pada kalsifikasi tinggi. (2) terdapat pengaruh langsung: supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, iklim kerja terhadap kinerja guru, motivasi kerja terhadap kinerja guru, supervisi akademik kepala sekolah terhadap iklim kerja, dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap motivasi kerja (3) terdapat pengaruh tidak langsung: Supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui iklim kerja dan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja.

Kinerja guru harus lebih ditingkatkan dengan cara menumbuhkan semangat dalam meningkatkan motivasi kerja dan iklim kerja. Perlu adanya peningkatan kompetensi pedagogik, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian agar guru dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada sekolah dan masyarakat, serta untuk meningkatkan kinerjanya sebagai guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI