DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA QUIET BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAILY LIVING SKILLS PADA ANAK AUTIS KELAS 4Q DI SDLB YPLB BANJARMASIN
PENGARANG:RITA HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-17


ABSTRAK

Rita Hasanah, 1610127120013. 2020.Penggunaan Media Quiet Book  Untuk

Meningkatkan Kemampuan Daily Living Skills Pada Anank Autis Kelas 4Q Di SDLB YPLB Banjarmasin. Skripsi Program S-1 PendidikanKhusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. Imam Yuwono, M.Pd. dan Pembimbing II: Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M.Pd.

Kata Kunci: Anak Autis, Kemampuan Daily living Skills, Media Quite Book

 

Hambatan perkembangan motorik yang terjadi pada anak autis berdampak pada kemampuan anak autis dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari (daily living skills). Salah satu permasalahan yang terjadi akibat hambatan itu adalah kemampuan daily living skills atau bina diri memakai baju berkancing. Hal ini membuat anak autis mengalami kesulitan dalam menggunakan baju berkancing secara mandiri sehingga anak autis mengalami ketergantungan terus menerus terhadap orang lain disekitarnya ketika menggunakan baju berkancing. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media quite book terhadap kemampuan daily living skliis atau bina diri memakai baju berkancing pada anak autis kelas 4Q di SDLB YPLB Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan penelitian subjek tunggal, atau biasa disebut dengan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A1-B-A2. Subjek dalam penelitian ini adalah anak autis kelas 4Q di SDLB YPLB Banjarmasin. Sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis visual dalam kondisi dan teknik analisis data antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa media quite book mampu meningkatkan kemampuan daily living skills atau bina diri memakai baju berkancing pada anak autis kelas 4Q diSDLB YPLB Banjarmasin. Peningkatan kemampuan daily living skills atau bina diri memakai bajuberkancing pada anak autis pada baseline 1 (A1) ke intervensi (B) sebesar 40%, kemudian peningkatan pada intervensi (B) ke baseline 2 (A2) sebesar 30%, total keseluruhan peningkatan kemampuan daily living skills atau bina diri memakai baju berkancing dengan menggunakan media quite book pada anakautis SDLB YPLB adalah 70%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI