DIGITAL LIBRARY



JUDUL:POLA PEMBINAAN REMAJA DI PANTI SOSIAL BINA REMAJA BUDI SATRIA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MURNIAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


Murniah, 2022. Pola Pembinaan Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing I: Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Pembimbing II: Jumriani, M.Pd.

            Pemerintah terus berupaya agar penanganan remaja putus sekolah melalui berbagai program kesejahteraan sosial anak terlantar. Satu diantaranya melalui panti sosial.  Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria tidak hanya dimanfaatkan sebagai wadah untuk membina para remaja, namun pada aspek pembelajaran hal tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan penelitian untuk mengetahui : (1) Mengetahui profil Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan. (2) Mengetahui bentuk pembinaan remaja di Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan. (3) Mengetahui pembinaan remaja di Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar IPS.

            Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah didapat kemudian direduksi dan disajikan dalam bentuk narasi dilengkapi dengan gambar dan tabel relevansi materi sesuai dengan kompetensi dasar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa : 1) Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan menjadi unit pelaksana teknis yang didirikan bertujuan untuk memberikan pembinaan kesejahteraan sosial kepada remaja, terutama yang putus sekolah, anak telantar atau ekonomi kebawah agar mampu bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam kehidupan bermasyarakat 2) Bentuk pembinaan remaja di Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan dapat dilihat adanya bimbingan fisik, bimbingan mental keagamaan, bimbingan sosial, dan bimbingan keterampilan 3) Keterkaitan pembinaan remaja di Panti Sosial Bina Remaja Budi Satria Provinsi Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar IPS pada  materi Interaksi Sosial dan  Lembaga Sosial di kelas VII.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI