DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL DINAS PEMADAM KEBAKARAN DAN PENYELAMATAN KOTA BANJARMASIN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:NOR ZAILANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


Nor Zailani NIM 1610128110011 dengan judul “Profil Dinas Pemadam Kebakaran DanPenyelamatan Kota Banjarmasin Sebagai Sumber Belajar IPS”. Skripsi Program StudiPendidikanIPS.FakultasKeguruandanIlmuPendidikan.UniversitasLambungMangkurat.PembimbingI:MahmudahHasanah,S.Pd.,M.PddanPembimbingII:Jumriani,M.Pd.

Kebutuhan akan sumber belajar yang bermanfaat bagi pembelajaran IPS di KotaBanjarmasin. Sebagai ilmu sosial yang mempelajari tentang manusia dan masyarakat, IPSmemiliki cakupan yang luas dan membutuhkan sumber belajar yang beragam agar pesertadidikdapatmemperolehpengetahuanyanglengkapdanterintegrasi.Tujuandaripenelitian ini: 1) Untuk mengetahui dan menjelaskan profil Dinas Pemadam KebakaranDan Penyelamatan Kota Banjarmasin.2) Untuk mengetahui dan menjelaskan kinerjapegawai pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarmasin. 3) UntukmengetahuikinerjapegawaiDinasPemadamKebakarandanPenyelamatanKotaBanjarmasinsebagaisumber belajarIPS.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.Teknikpengumpulandatadilakukandenganpengamatankondisidankegiatandinaspemadam kebakaran dan penyelamatan kota Banjarmasin, dengan mewancarai kepalabidang dan kepala regu serta guru pendidikan IPS di SMP Negeri 20 Banjarmasin, sertadokumentasi dalam bentuk gambar dan rekaman. Analisis data menggunakan konsepMiles dan Huberman yaitu reduksi data berdasarkan tujuan penelitian, penyajian datadalam bentuk kata-kata dilengkapi dengan tabel dan gambar, verifikasi data dalam bentukpenarikankesimpulan.

Hasilpenelitian:1)DinasPemadamKebakaran&PenyelamatanKotaBanjarmasin berada di jalan RE. Martadinata. Tanggung jawab utama layanan kebakarandanpenyelamatanadalahmengelolaurusanpemerintahdalamkontekspekerjaannyadalampencegahanbencanakebakaran,tanggapdarurat,danpenyelamatan.Selainmembantukebakaran,petugaspemadamkebakaranjugadapatmembantumasalahmasyarakat lainnya termasuk melestarikan benda dan makhluk hidup. 2) Jumlah, kualitas,efisiensi, dan efektivitas kerja digunakan untuk mengevaluasi kinerja pegawai pada DinasPemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarmasin berdasarkan hasil penelitianyang sesuai instrumen penelitian menunjukkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,terutama pada peningkatan sumber daya manusia (SDM) nya, perlu adanya pelatihan-pelatihan khusus lagi agar dalam lapangannya bekerja dengan maksimal dan perlu adanyasertifikasikhususuntukpegawainyaagardalambekerjalebihmaksimalsertaperluperencanaan SDM yang baik agar ketika menjadi pegawai nantinya lebih optimal lagi. 3)Kinerja pegawai pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarmasindapat dijadikan untuk sarana pembelajaran di dalam kelas. Materi yang berhubungandengan itu yaitu materi interaksi sosial dan pluralitas masyarakat Indonesia (perbedaanbudaya). Hal-hal yang terjadi dilapangan yang dilakukan oleh pemadam kebakarandikota Banjarmasin banyak menjadi pelajaran seperti gotong royong, saling peduli sesama,danbanyaklagihalpositifnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI