DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN AKTIVITAS EKONOMI DI KAMPUNG PEJABAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS
PENGARANG:MUHAMMAD LUTHFI YASAR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


Muhammad Luthfi Yasar. 2023. Pemanfaatan Aktivitas Ekonomi Di Kampung Pejabat Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing 1: Dr.Syaharuddin, M.A, dan Pembimbing 2: Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd. 

Sumber belajar adalah salah satu komponen dalam proses belajar mengajar yang memiliki peran yang berarti untuk membantu pengajar dalam melakukan proses belajar mengajar di kelas. Sumber belajar dapat membantu pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik agar materi yang ingin disampaikan pengajar ke peserta didik dapat tersampaikan. Walaupun sumber belajar sangat berperan, masih banyak pengajar yang kurang memanfaatkan dan kurang digunakan dalam proses belajar mengajar. Kampung Pejabat sebagai salah satu contoh sumbe belajar dapat dimanfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar. Kegiatan untuk mengolah jamu yang dilakukan oleh masyarakat disana dapat diaplikasikan dalam proses belajar mengajar sehingga peserta didik mampu memahami konsep dari kegiatan ekonomi.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif, dan menggunakan metode deskriptif karena dalam penelitian ini menggambarkan bagaimana kegiatan ekonomi yang terjadi di Kampung Pejabat. Teknik Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan teknik.

Hasil penelitian dideskripsikan dalam 3 bagian yaitu : 1) Kampung Pejabat (Pengolah dan Penjual Jamu Loktabat) merupakan satu dari banyaknya kampung wisata yang tersedia di Banjarbaru; dinamakan sebagai Kampung Pejabat karena masyarakat yang tingal sebagian besar berprofesi sebagai pengolah dan penjual jamu; menjual beberapa variasi jamu seperti jamu seduh, jamu, es jamu, serta jamu dalam bentuk bubuk. 2)  Aktivitas ekonomi di Kampung pejabat, dari produksinya yaitu masyarakat membeli bahan-bahan pada kenalan mereka yang sekaligus juga merupakan penjual jamu; setelah bahan-bahan yang diperlukan sudah terkumpul mereka akan mengolahnya hingga menjadi produk jamu siap jual; setelah selesai mereka akan menjualkan ke berbagai tempat di Banjarbaru. 3) kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat Kampung Pejabat dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS pada materi kelas VII semester II dalam materi produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kata Kunci : kegiatan ekonomi, Kampung Pejabat, Sumber Belajar IPS

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI