DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKONTEKS LAHAN DI KALIMANTAN SELATAN PADA MATERI PERBANDINGAN
PENGARANG:MAYRIDA ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKONTEKS LAHAN DI KALIMANTAN SELATAN PADA MATERI PERBANDINGAN (Oleh Mayrida Astuti; Pembimbing: R. Ati Sukmawati, Asdini Sari; 2020;  38halaman)

ABSTRAK

Pembelajaran matematika memiliki peranan besar, baik untuk menunjang keberhasilan siswa dalam menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian matematika menjadi mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan dan wajib dipelajari pada setiap jenjang pendidikan. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran matematika, yaitu sulit menangkap pemahaman mengenai materi yang disampaikan dan masih rendahnya kemampuan pemahaman siswa dalam pelajaran matematika. Pengajaran matematika di sekolah dan matematika yang ditemukan anak dalam kehidupan sehari-hari sangat berbeda. Oleh sebab itu pembelajaran matematika sangat perlu memberikan pengertian antara matematika dalam dunia sehari-hari kepada matematika sekolah. Untuk menarik minat peserta didik dalam belajar maka pembelajaran berbasis budaya lokal yang berkaitan langsung dengan lahan basah merupakan salah satu solusinya, selain untuk mempermudah pemahaman siswa, disisi lain pembelajaran berbasis kearifan lokal lahan basah ini memperkenalkan kepada pesera didik bahwa Kalimantan Selatan memiki begitu banyak budaya dan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Salah satu aspek penting dalam ranah afektif yang sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa adalah pandangan positif siswa terhadap matematika atau disposisi matematis. Disposisi matematis merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran berkonteks lahan basah dan mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran berkonteks lahan basah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 31 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa berada pada kategori sangat baik dan tanggapan siswa berada pada kategori baik.

 

 

 

Kata Kunci: Disposisi Matematis, Konteks lahan Basah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI