DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA MATERI MACAM-MACAM GAYA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN NUMBER HEAD TOGETHER PADA KELAS IV DI SDN HAPINGIN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:MUHAMMAD ALI FIKRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


Fikri, Muhammad Ali. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Materi Macam-Macam Gaya Menggunakan Model Problem Based Learning Dan Number Head Together Pada Kelas IV Di SDN Hapingin Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Problem Based Learning, Hasil Belajar

            Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas siswa, kurang terlibatnya siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa di kelas yang rendah. Oleh karena itu diperlukan alternatif model pembelajaran untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan menggunakan kombinasi model

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di Kelas IV SDN Hapingin Hulu Sungai Tengah dengan jumlah siswa 10 orang. Data dianalisis berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan teknik deskriptif, digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik. Kemudian data tersebut diinterpretasikan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta tercapainya ketuntas belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan pada aktivitas guru yang semula pada pertemuan pertama hanya mendapatkan skor 21 dengan persentase 65,6% dan meningkat pada pertemuan 2 dengan skor 24 dengan persentase 75%. Sedangkan aktivitas guru pada pertemuan 3 mendapatkan skor 27 dengan persentase 84,3% dan pada pertemuan 4 mendapatkan skor 30 dengan persentase 94,75%. Pada aktivitas siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan, dapat dilihat dari persentase pada pertemuan pertama yaitu sebesar 50% kemudian mengalami peningkatan pada pertemuan 2 dengan persentase 70% dan pertemuan 3 meningkat lagi menjadi 80% serta pada pertemuan 4 meningkat dengan persentase 100%. Pada hasil belajar siswa dari pertemuan 1 dengan persentase 60% siswa sudah tuntas dan 40% orang siswa yang masih tidak tuntas, pada pertemuan 2 meningkat menjadi 80% siswa tuntas dan 20% siswa tidak tuntas, pada pertemuan 3 siswa yang tuntas mencapai 90% sedangkan yang tidak tuntas hanya 10% pada pertemuan 4 sudah semakin meningkat menjadi 100% siswa tuntas dan yang tidak tuntas 0%

            Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka didapatkan kesimpulan bahwa dengan menerapkan kombinasi model Problem Based Learning dan NHT maka aktivitas guru dan siswa meningkat yang berdampak pada hasil belajar yang juga meningkat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI