DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA ERA COVID-19 DI SMP NEGERI 26 BANJARMASIN DAN MTSN 4 KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY TAUFANI HIDAYATULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA ERA COVID-19 DI SMP NEGERI 26 BANJARMASIN DAN MTSN 4 KOTA BANJARMASIN (Oleh Muhammad Rizky Taufani Hidayatullah; Pembimbing Hamsi Mansur, Mastur; 2023; 78 halaman)

ABSTRAK

 

Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang dilaksanakan oleh sekolah saat pandemi Covid-19 melalui penggunaan media online dengan bantuan aplikasi google classroom, whattsApps, dan google form yang biasa dipakai untuk komunikasi dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan kendala yang terjadi ketika pembelajaran jarak jauh pada era Covid-19 di SMP Negeri 26 Banjarmasin dan MTSN 4 Kota Banjarmasin. 

Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di SMP Negeri 26 Banjarmasin dan MTSN 4 Kota Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada era Covid-19 di SMP Negeri 26 Banjarmasin dan MTSN 4 Kota Banjarmasin sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini selaras dengan tercapainya tujuan penelitian yang dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar yang sudah memuat enam tahapan yaitu: a. Menetapkan materi ajar; b. Menetapkan rancangan model pembelajaran jarak jauh yang digunakan; c. Menetapkan format pembelajaran yang dilakukan secara online; d. Melakukan uji coba terhadap rancangan yang dibuat; e. Menyelenggarakan model pembelajaran jarak jauh dengan baik dan professional; f. Menyiapkan kriteria untuk melakukan evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Adapun kendala yang terjadi ketika pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada era Covid-19  di SMP Negeri 26 Banjarmasin dan MTSN 4 Kota Banjarmasin jika ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian hasil belajar terletak pada siswa yaitu ada beberapa siswa yang belum mempunyai handphone sebagai fasilitas belajar, sehingga ada beberapa orang tua yang merasa berat karena harus membelikan handphone dan menyiapkan anggaran dana untuk membeli kouta.

 

Kata kunci: Kendala, Pembelajaran Jarak Jauh, Pelaksanaan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI