DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DILIHAT DARI JENIS KELAMIN DI SMP NEGERI 31 BANJARMASIN | |
PENGARANG | : | Nur Raini Umi Sholekhah | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2023-10-18 |
Model Cooperative Learning Student Teams Achievement Division (STAD) merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dan merupakan model yang paling baik untuk pemulaan bagi para guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendiskripsikan hasil belajar matematika siswa laki-laki kelas IX SMP Negeri 31 Banjarmasin melalui model pembelajaran cooperative lerning tipe STAD. (2)Mendiskripsikan hasil belajar matematika siswa perempuan kelas IX SMP Negeri 31 Banjarmasin melalui model pembelajaran cooperative lerning tipe STAD. (3) Membandingkan hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 31 Banjarmasin melalui model pembelajaran cooperative lerning tipe STAD berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini mengambarkan hasil belajar siswa berdasarkan jenis kelamin, penelitian sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Hasil belajar laki-laki kelas IX E SMP Negeri 31 Banjarmasin menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berada pada kategori baik dengan rata-rata hasil belajar 80,56.(2) Hasil belajar perempuan kelas IX E SMP Negeri 31 Banjarmasin menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD berada pada sangat baik dengan rata-rata hasil belajar 84,83. (3) Hasil analisis deskriptif menyatakkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa laki-laki dengan siswa perempuan, sedangkan secara signifikan tidak terdapat perbedaan karena nilai Sig (2-tailed) > α atau (0,165 > 0,05).
Kata kunci: hasil belajar ,Student Teams Achievment Division, jenis kelamin.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI