DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIN KD TERHAP MATERI PERMINTAAN, PENAWARAN, BARANG DAN HARGA KELAS VIII SEMESTER 2
PENGARANG:ABDUL WAHID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


Abdul Wahid, 2022. Analisis Kesesuaian KD Terhdap Materi Permintaan, Penawaran, Barang, dan Harga Kelas VIII Semester 2. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Ismi Rajani, MM dan Pembimbing II: Muhammad Rezky Noor Handy, M.Pd.

Materi pembelajaran yang ideal adalah untuk membantu hasil belajar, salah satunya dapat memuat materi yang ada disekitar. Materi pembelajaran IPS di SMP memiliki beberapa kelemahan yaitu buku ajar belum mengembangkan mater, Materi yang harus disiapkan oleh pendidik harus sesuai dengan kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar merupakan hal utama untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan sudut keterampilan dasar sehingga penting untuk difokuskan pada kesesuaian materi buku siswa kelas VIII Semester 2 Revisi 2017. Motivasi di balik ulasan ini adalah untuk memahami penggambaran materi IPS kelas VIII semester II pada subbagian Permintaan, Penawaran, Barang, dan Harga.

Penelitian ini menggunakan studi literature dilakukan analisis dengan pencarian data-data sebagai hasil penelitian yang bersumber dari skripsi, artikel, buku dan makalah. Penelitian ini sehingga menghasilkan data deskriptif. Informasi yang diurai secara jelas akan dipusatkan lebih dalam, sistematis dan digambarkan dalam sebuah naratif dengan tujuan agar lugas dan memberikan data yang tepat dan mutakhir tentang materi yang akan dipertimbangkan.

Materi IPS pada buku teks siswa IPS kelas VIII membahas tentang permintaan, penawaran, barang, dan harga yang dimaut dalam dua pembahasan. Materi yang tersaji yaitu gambaran umum teori Permintaan, Penawaran, Barang dan Harga dan kesesuaian Kopetensi Dasar (KD) terhadap materi Permintaan, Penawaran, Barang dan Harga. Berdasarkan  dua pembahasan tersebut hasil yang di dapat peneliti yaitu materi tersebut sudah memuat dari segi aspek politik, sosial, budaya, geografis dan pendidikan berdasarkan materi yang tersaji memuat mengenai aktivitas individu ataupun kelompok agar dapat lebih memahami pembelajaran, Pembelajaran memerlukan keterampilan guru dengan menjelaskan pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang berkaitan dengan sumber yang ada dilingkungan sekitar peserta didik yang memuat kearifan lokalnya.

 

 

Kata kunci: Analisis Buku Ajar Pendidikan IPS mengenai Permintaan Penawaran Barang/Jasa dan harga, kopetensi dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI