DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PROFESIONALISME GURU MELALUI KINERJA GURU TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN DI SDN KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:FARID MARUF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-18


Kualitas pembelajaran merupakan faktor yang menentukan peningkatan mutu pendidikan. Kualitas pembelajaran sangat didukung juga oleh kinerja guru dalam pendidikan dan pelatihan. Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan dampak dari perkembangan globalisasi yang sangat pesat. Perkembangan ini mengharuskan penyesuaian dan peningkatan proses secara terus menerus. Peningkatan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan pendidik melalui pendidikan dan pelatihan sebagai upaya menuju guru yang professional. Permasalahannya bahwa guru SDN Se Kecamatan Banjarmasin Timur masih banyak kinerja guru yang kurang optimal karena kurangnya pemahaman terhadap kurikulum dan kurangnya kompetensi guru dalam mengajar sehingga berdampak pada kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan, profesionalisme guru melalui kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran.

 

Pendekatan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh guru SDN se-Kecamatan Banjarmasin Timur dengan jumlah guru 537 orang, dan ukuran sampel di tentukan dengan rumus Slovin  sebanyak 229 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang disebarluaskan secara online kepada sampel melalui sebuah link googleform. Analisis hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi berganda dengan menggunakan SPSS Version 26.0.

 

Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pendidikan dan Pelatihan, Profesionalisme, Kinerja Guru dan Kualitas Pembelajaran guru-guru yang menjadi sampel penelitian ini mayoritas tergolong sedang dengan presentase sebesar 50% guru-guru sampel penelitian ini memiliki Pendidikan dan Pelatihan yang tergolong sedang, 49% memiliki profesionalisme yang tergolong sedang, 49% memiliki kinerja guru yang tergolong sedang, dan 49% guru-guru sampel penelitian ini memiliki kualitas pembelajaran yang tergolong sedang.

 

Kesimpulan hasil penelitian ini terdapat pengaruh Pendidikan dan Pelatihan, Profesionalisme, Kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran SDN se-Kecamatan Banjarmasin Timur. Di sarankan lagi guru untuk senantiasa memotivasi diri untuk meningkatkan kompetensi sebagai tenaga pendidik yang profesional dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI