DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Komunikasi Keluarga dalam Film “Ngeri-Ngeri Sedap” Karya Bene Dion Rajagukguk
PENGARANG:MAHANI ASSEGAF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


Mahani Assegaf, 1910414220011, 2023, Pola Komunikasi Keluarga dalam Film “Ngeri-Ngeri Sedap” Karya Bene Dion Rajagukguk. Di bawah bimbingan Noviana Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pola komunikasi keluarga yang terdapat dalam film Ngeri-Ngeri Sedap. Film ini menceritakan sepasang suami istri dari keluarga Batak yang berusaha memulangkan anak-anaknya yang merantau. Interaksi-interaksi yang dilakukan oleh keluarga mereka mengarah kepada konflik yang diakibatkan oleh ketidaksukaan anggota keluarga terhadap cara sang ayah memimpin keluarga mereka.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian analisis isi. Tipe penelitian dari penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa terdapat 2 bentuk pola komunikasi keluarga yaitu pola komunikasi monopoli yang terbentuk karena adanya pihak dominan yang menentukan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan keluarganya, membuat keputusan secara sepihak, serta tidak meminta dan mempertimbangkan opini orang lain; serta pola komunikasi setara atau equality yang terlihat pada interaksi antara anak-anak dalam keluarga di film ini. Anak-anak di keluarga dalam film berkomunikasi dengan terbuka, membuat keputusan bersama, dan tidak ada yang mendominasi dalam interaksi mereka.

 

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Keluarga, Film

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI