DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERPRETASI PESAN LINGKUNGAN PADA MUSIC VIDEO “EARTH” KARYA LIL DICKY (Studi Analisis Semiotika Pesan Lingkungan Pada Music Video “Earth” Karya Lil Dicky)
PENGARANG:TAZKIA INAYAH MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


Tazkia Inayah Maulida, 1910414320047, 2023, Interpretasi Pesan Lingkungan Pada Music Video “Earth” Karya Lil Dicky (Studi Analisis Semiotika Pesan Lingkungan Pada Music Video “Earth” Karya Lil Dicky)”. Di bawah bimbingan Fahrianoor.

 

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah interpretasi pesan lingkungan pada music video “Earth” karya Lil Dicky menurut Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce serta bagaimana interpretasi pesan lingkungan pada music video ini terhadap konteks sosial. Music video “Earth” ini merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai masalah lingkungan.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Tipe penelitian yang digunakan adalah analisis teks media dengan model analisis semiotika Charles Sander Pierce. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interpretasi Music video “Earth” menyampaikan pesan lingkungan seputar perubahan iklim, polusi, kepunahan satwa liar, dan dampak lingkungan dengan pesan yang menarik, mengesankan, dan mendorong pemahaman yang lebih dalam dan hubungan emosional terhadap isu-isu lingkungan. Interpretasi pesan lingkungan dalam music video “Earth” ini berperan sebagai pendorong bagi gerakan sosial yang lebih besar dengan melibatkan masyarakat dalam upaya kolektif untuk mengatasi masalah lingkungan. Karya ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, menginspirasi tindakan, menyebarkan informasi penting, menumbuhkan rasa kebersamaan, mengubah kesadaran secara positif, dan menghubungkan perubahan sosial dan budaya sambil berkontribusi untuk menjaga masa depan bumi.

 

Kata Kunci: Interpretasi, Pesan Lingkungan, Music Video

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI