DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Strategi Komunikasi Interpersonal Antara Guru dengan Siswa dan Peningkatan Motivasi Belajar Anak Usia Dini (Studi Pada TK PKK Mawar Banjarmasin Tengah)
PENGARANG:ANNISA FEBBYANTI RAHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-Kanak (TK) adalah tempt untuk mengolah kualitas pendidikan anak usia 3-5 tahun. Pada masa

inilah anak mulai diajarkan cara

untuk bisa berinteraksi dengan hal- hal baru di dunia luar, mereka diajarkan cara mengasah dan memupuk jiwa sosial sejak balita.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi interpersonal yang digunakan oleh guru di TK PKK Mawar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan yang dihadapi ole para guru ketika menjalankan strategi komunikasi interpersonal kepada siswa mereka di TK PKK Mawar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan kondisi, fenomena, dan realitas sosial dalam kontekslingkungan pendidikan.

Hasil penelitian mengungkapkan bahw guru-guru di TK PKK mengimplementasikan beberapa strategi komunikasi interpersonal yang efektif, termasuk pengenalan yang baik terhadap siswa, penyusunan pesan yang sesuai, pemilihan metode belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan penggunaan media yang tepat dalam proses belajar. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa hambatan yang dihadapi oleb para guru. Salah satu hambatan utama adalah keanekaragaman karakter yang dimiliki oleh setiap anak, yang memerlukan pendekatan individualisasi dalam komunikasi. Selain itu, keterbatasan media belajar dan perubahan mood siswa juga menjadi tantangan yang harus diatasi dalam upaya meningkatkan motivasi belajar anak usia dini.

Kata kunci: Strategi, Komunikasi, Hambatan, Anak-anak, TK, Motivasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI