DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SEKUEL NOVEL RE KARYA MAMAN SUHERMAN : KAJIAN FEMINISME
PENGARANG:MUHAMMAD MULYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


 

RINGKASAN

 

Muhammad Mulyadi, 2023. Sekuel Novel Re Karya Mamann Suherman : Kajian Feminisme. Pembimbing (1) Dr. H. Muhammad Rafiek, M.Pd. Pembimbing (2) Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd.,Ph.D.

 

Kata kunci: Novel Re, Novel Perempuan, Feminisme

 

Banyaknya penulis Indonesia menulis tema tentang feminisme dengan isu dan permasalahan yang variatif. Sehingga, dalam hal ini membuktikan bahwa isu feminisme telah di ekspresikan melalui sastra oleh para penulis. Fokus penelitian ini tentang wujud dan fungsi feminisme dalam sekuel novel Re Karya Maman Suherman. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan: (1) wujud feminisme dalam sekuel novel Re Karya Maman Suherman, (2) fungsi feminisme dalam sekuel novel Re Karya Maman Suherman.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini sekuel novel Re Karya Maman Suherman terdiri dari dua novel Re dan Perempuan. Adapun objeknya kata, kalimat, dan paragraf yang mengandung unsur wujud dan fungsi feminisme. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik analisis data yaitu menentukan unit analisis, sampel, dan pancatatan kuda. Analisis data menggunakan teknik analisis konten dengan langkah inferensi dan analisis konten.

Hasil penelitian dari penelitian ini ditemukan : (1) wujud feminisme dalam sekuel novel Re, yaitu: (a) novel Re karya Maman Suherman terdiri dari 22 data perbedaan gender, ketimpangan gender 12 data, penindasan gender 12 data, dan penindasan struktural 16 data, (b) novel Perempuan karya Maman Suherman terdiri dari 20 data perbedaan gender, ketimpangan gender 6 data, penindasan gender 4 data, penindasan struktural 14 data. (2) fungsi feminisme dalam sekuel novel Re, yaitu: (a) novel Re karya Maman Suherman terdiri dari 6 data mendorong kesadaran gender dalam perjuangan kesetaraan gender, mempromosikan emansipasi perempuan 2 data, menunjukkan kompleksitas perempuan 4 data, mengkritisi struktur kekuasaan patriarki 6 data, dan meningkatkan solidaritas perempuan 1 kutipan teks atau data. (b) novel Perempuan karya Maman Suherman terdiri dari 9 data mendorong kesadaran gender dalam perjuangan kesetaraan gender, mempromosikan emansipasi perempuan 11 data, menunjukkan kompleksitas perempuan 7 data, mengkritisi struktur kekuasaan patriarki 11 data, meningkatkan solidaritas perempuan 11 data.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI