DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TALKING STICK MATHEMATICS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 4 SDN MELAYU 11 BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDIYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


Maulidiya, 2023. Implementasi Model Pembelajaran Learning Talking Stick Mathematics dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SDN Melayu 11 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd

Kata Kunci: Hasil Belajar, Bangun Datar, Problem Based Learning, Realistic Mathematic Education, Talking Sticks

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik pasif dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik belum mampu memahami konsep matematika, serta belum mampu untuk menjelaskan dan menghitung keliling dan luas bangun datar dengan tepat. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning, Realistic Mathematic Education, dan Talking Sticks. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan aktivitas pendidik, menganalisis aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar di kelas 4 SDN Melayu 11 Banjarmasin.

Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Setting penelitian dilakukan di SDN Melayu 1 Banjarmasin pada peserta didik kelas 4 dengan jumlah peserta didik 19 orang. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dari hasil observasi aktivitas pendidik dan aktivitas peserta didik pada proses pembelajaran, serta data kuantitatif berupa hasil belajar peserta didik yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisis data dihitung berdasarkan dari skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan pertama dan kedua mencapai kriteria “Baik”, pertemuan ketiga dan keempat mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas peserta didik pertemuan pertama dan kedua mencapai kriteria “Cukup Aktif”, pertemuan ketiga mencapai kriteria “Aktif”, dan pertemuan keempat mencapai kriteria “Sangat Aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik pada pertemuan pertama belum tuntas, pertemuan kedua belum tuntas, pertemuan ketiga telah mencapai ketuntasan klasikal, dan pertemuan keempat telah mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning, Realistic Mathematic Education, dan Talking Sticks dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun datar peserta didik kelas 4 SDN Melayu 11 Banjarmasin. Saran yang dikemukakan peneliti yaitu penggunaan model tersebut dapat menjadi alternatif pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar, atau pada materi pembelajaran lainnya yang cocok.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI