DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL JANTRA PADA SISWA KELAS IV SDN GAMBUT 6
PENGARANG:Awalia Noor Rachmawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


ABSTRAK

 

Rachmawati, Awalia Noor. 2022. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Menggunakan Model JANTRA pada Siswa Kelas IV SDN Gambut 6. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Fathul Jannah,  M.Pd

Kata Kunci: Aktivitas,Motivasi, Hasil Belajar, Model JANTRA.

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa, yang ditandai dengan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, siswa kurang bersemangat dan cepat bosan, kurangnya kemampuan  berkomunikasi dan bekerjasama, dan rendahnya hasil belajar siswa. Penyebab dari masalah tersebut adalah Pembelajaran bersifat satu arah, Pembelajaran belum variatif dan melibatkan siswa, tingkat pemahaman terhadap konsep materi rendah dan Siswa cenderung diam dan pasif. Upaya mengatasi masalah di atas adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Pembelajaran JANTRA dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, Motivasi Belajar serta menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Gambut 6.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan di kelas IV-A SDN Gambut 6 dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi dan angket, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan baik dan mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya hingga dapat mencapai skor 29 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa yang memperoleh kriteria “sangat aktif” meningkat dari persentase 41.6% menjadi 91.7%. Motivasi belajar siswa pada kategori “Sangat Tinggi” meningkat dari persentase 75% menjadi 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal meningkat dari persentase 58.3% menjadi 100% siswa tuntas dengan mendapatkan nilai  ≥70.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model JANTRA dapat meningkatkan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, guru, dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan meningkatkan aktivitas guru, motivasi, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI