DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOGETHER DI SDN GAMBUT 1
PENGARANG:SEPTI NOORHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-19


Noorhayati, Septi. 2023. Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Time Together di SDN Gambut 1. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Fathul Jannah, M. Pd.

 

Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar, dan Model Time Together.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik kelas V SDN Gambut 1 pada mata pelajaran matematika.  Hal ini dikarenakan sebagian peserta didik kesulitan dalam memahami konsep matematika dan juga perlu banyak berpikir tentang materi yang dipelajari. Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi penyelesaian untuk mengatasi permasalahan yaitu menggunakan kombinasi model pembelajaran Time Together dengan tujuan mendeskripsikan motivasi belajar, aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik, dan Hasil Belajar peserta didik di SDN Gambut 1.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan. Setting penelitian ini adalah siswa kelas V A semester genap SDN Gambut 1, dengan jumlah siswa 27 orang. Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas pendidik. Data kuantitatif diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pendidik pada pertemuan 1 mencapai kriteria “Baik” dengan skor 25 mengalami peningkatan disetiap pertemuan, dan pada pertemuan 3 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan skor 34. Aktivitas peserta didik pada pertemuan 1 mencapai 51,85% dengan kriteria “Sebagian Besar Aktif”, mengalami peningkatan disetiap pertemuan, dan pada pertemuan 3 mencapai  92,59% dengan kriteria “Hampir Seluruhnya Aktif”. Motivasi belajar peserta didik pada pertemuan 1 memperoleh 48,15% dengan kriteria “Cukup Tinggi”, mengalami peningkatan disetiap pertemuan, dan pada pertemuan 3 mencapai 100% dengan kriteria “Sangat Tinggi”. Hasil belajar peserta didik pada pertemuan 1 memperoleh  41% dengan kriteria “Sebagian kecil Tuntas”, mengalami peningkatan disetiap pertemuan, dan pada pertemuan 3 memperoleh 92,59% dengan kriteria “Hampir Seluruhnya Tuntas.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Time Together dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar peserta didik kelas V A SDN Gambut 1.  Adapun saran  bagi pendidik, kepala sekolah, dan peneliti lain yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai penunjang atau acuan model pembelajaran pada saat proses pembelajaran matematika di kelas, sehingga menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran di kelas.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI