DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SELF PRESENTATION PADA REMAJA DI MEDIA SOSIAL (Studi kasus pemilik Second Account Instagram di kalangan Mahasiswa Banjarmasin)
PENGARANG:PUTRI DEWI RIDA LUKITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-20


ABSTRAK

      Putri Dewi Rida Lukita, 1910414320044, Self Presentation PadaRemaja Di Media Sosial (Studi kasus pemilik Second Account Instagram di kalangan Mahasiswa Banjarmasin). Dibawah bimbingan Dr. Yuanita Setyastuti S.I.P., M.Si.

        Setiap orang akan mempresentasikan diri sebaik mungkin pada tampilan instagramnya. Munculnya fenomena Second account sebenarnya terbilang baru, terkait dengan semakin populernya media sosial instagram sekarang. Dalam penelitian menggunakan dua teori yang berbeda yaitu, Teori Dramaturgi oleh Erving Goffman dan Model Hyperpersonal Communication oleh Walther. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui Self Presentation Mahasiswa Banjarmasin pada first account dan second account, serta mengetahui motif dari penggunaan second account oleh mahasiswa Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus, serta menggunakan Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan informan menggunakan Teknik purposive sampling di Banjarmasin. Hasil penelitian ini bahwa komunikasi hiperpersonal yang dilakukan oleh informan karena pemilik instagram tidak menginginkan semua yang dia lakukan harus di post dan di lihat oleh semua orang, melainkan adanya perbedaan informasi yang di filter baik dari akun yang pertama dan kedua. Interaksi yang terjadi pada akun instagram pertama, memperlihatkan diri informan yang ramah juga sangat positif, dengan melihat beberapa postingan konten yang telah mereka olah. Sedangkan di akun kedua para informan lebih terlihat apa adanya dan sering melakukan peluapan keluh kesah seperti curhat, dengan di tinjau menggunakan teori Dramaturgi oleh erving Goffman. Serta motif penggunaan akun kedua seperti, ingin  bebas berekspresi dan berperilaku di second account dan Akun pertama sebagai tempat untuk membangun personal branding

 

Kata kunci: Dramaturgi, Self Presentation, Hyperpersonal Communication, Instagram, Second Account

 

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI