DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK DI SDN KUNJUNG 009 MUARA KOMAM KABUPATEN PASER PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
PENGARANG:RAHMADI ILHAM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


ABSTRAK

 

RAHMADI ILHAM. 1910122310012. “Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK di SDN Kunjung 009 Muara Komam Kabupaten PaserProvinsi Kalimantan Timur”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru 2023. Dosen Pembimbing: Drs, Abd Hamid. M.Pd. (utama). Dr. AR Shadiqin, M.Kes AIFO. (pendamping).

 

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SDN Kunjung 009 Muara Komam Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur.

            Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket/ kuisioner dengan rincian validitas dari 35 butir pernyataan dihasilkan 30 pertanyaan yang valid dan hasil reliabilitasnya sebesar 0,77 Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif.

            Populasi dalam penelitian ini berjumlah 18 orang peserta didik SDN Kunjung 009 Muara Komam Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Dengan teknik total sampling.

            Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SDN Kunjung 009 Muara Komam Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur yang berkategori “sangat tinggi” dengan 1 orang peserta didik atau 5,5% , kategori “tinggi” dengan 2 orang peserta didik atau 11,1%, kategori “sedang” dengan 10 orang peserta didik atau 55,5%, kategori “rendah” dengan 5 orang peserta didik atau 27,7%, kategori “sangat rendah” dengan 0 peserta didik atau 0%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SDN Kunjung 009 Muara Komam Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur yang paling dominan berada pada kategori “sedang” dengan 10 orang peserta didik atau 55,5%, kategori sebaran “sedang, rendah, dan sangat rendah” adalah yang paling banyak peserta didiknya dengan 83% atau 15 orang peserta didik dari 18 orang peserta didik, sedangkan untuk kategori sebaran “sangat tinggi, tinggi, dan sedang” lebih sedikit peserta didiknya dengan 77,7% atau 14 orang peserta didik dari 18 orang peserta didik. Dengan frekuensi paling dominan 61,1% dengan 10 orang peserta didik dari 18 sampel adalah kategori “sedang”.

 

KATA KUNCI: Motivasi, Peserta didik

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI