DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PEMANEN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT
PENGARANG:KRIS DANIEL SITOMPUL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


Sumber daya manusia merupakan salah satu asset terpenting suatu perusahaan, karena menjadi penggerak dan pelaksana dalam mencapai tujuan perusahaan. Keberhasilan perusahaan mengelola sumber daya yang dimiliki mencerminkan tingkat keberhasilan perusahaan tersebut. Kepuasan kerja mencerminkan sikap seseorang terhadap pekerjaannya. Hal ini nampak dalam sikap positif pegawai terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi dilingkungan kerjanya. Pegawai yang menikmati pekerjaan akan merasa puas jika hasil kerja keras dan balas jasa yang diterimanya dirasa adil dan layak. Fokus pada penelitian ini sendiri yaitu berfokus pada tenaga kerja pemanen kelapa sawit yang dimana peneliti melakukan analisis pada Perkebunan Kelapa Sawit Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera Jilatan Estate, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan untuk diteliti.

Penelitian ini sendiri adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode pendekatan survey berupa penyebaran kuesioner mengenai kepuasan kerja pemanen. Penelitian ini menggunakan seluruh pegawai panen kelapa sawit yang bekerja di Perkebunan Kelapa Sawit Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera Jilatan Estate, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan yaitu sebanyak 30 orang tenga kerja panen kelapa sawit sebagai responden. Variabel bebas dari setiap faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pemanen kelapa sawit itu sendiri yaitu variabel upah (X1), budaya organisasi (X2), iklim kerja (X3) dan kondisi lahan (X4). Sedangkan variable terikat pada penelitian ini adalah kepuasan kerja (Y). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan hubungan upah, budaya organisasi, iklim kerja dan kondisi lahan terhadap kepuasan tenaga kerja panen pada perkebunan kelapa sawit.

Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas. Dilanjutkan dengan pembahasan deskriptif menggunakan skala linkert untuk menganalisi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja pemanen kelapa sawit berada dalam kategori puas atau baik. Hal ini diperoleh melalui perhitungan rekapitulasi tanggapan respon mengenenai kepuasan kerja pemanen kelapa sawit dari tiap bobot nilai seluruh point pertanyaan yang diajukan pada seluruh karyawan pemanen kelapa sawit di Koperasi Jasa Profesi Cipta Prima Sejahtera Jilatan Estate, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI