DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KORELASI ANTARA FAMILY SUPPORT DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMPN 15 BANJARMASIN
PENGARANG:WIDI NUR AZZAHRAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2023-10-23


ABSTRAK

 

Widi Nur Azzahrah. 2023. Korelasi Antara Family Support Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMPN 15 Banjarmasin. Pembimbing (I) Eklys Cheseda Makaria, S.Pd., M.Pd., Pembimbing (II) Faisal Rachman, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Family Support, Motivasi Belajar, Siswa

 

           Sebagai seorang siswa hal seperti motivasi belajar merupakan perilaku yang semestinya dimiliki demi menunjang proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya terkadang perilaku motivasi belajar tidak dapat dimiliki oleh semua siswa. Ketika siswa memiliki motivasi belajar yang rendah, maka ada potensi bahwa mereka memiliki family support yang rendah pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi antara family support dengan motivasi belajar pada siswa SMPN 15 Banjarmasin.

         Riset ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan skala likert, sampel berjumlah sebanyak 184 siswa yaitu kelas 7A, 7B, 7D, 7E, 7F, dan 7G di SMPN 15 Banjarmasin. Angket yang digunakan adalah angket family support dengan jumlah 12 item, dan angket motivasi belajar dengan jumlah 22 item.

          Hasil dari pengkajian data yang menggunakan teknik analisis data korelasi product moment dan regresi linier sederhana terdapat hubungan antara variabel X dan Y yaitu nilai koefisien 0,185 > 0,144. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara family support dengan motivasi belajar pada siswa SMPN 15 Banjarmasin. Untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan topik penelitian dengan mengaitkan variabel lain seperti hasil belajar dan dukungan sosial, serta untuk guru BK nantinya mampu memberikan layanan-layanan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan motivasi belajar dan family support pada siswa SMPN 15 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI